umpan ikan toman

8 Rahasia Umpan Ikan Toman yang Paling Jitu

Sebagai salah satu ikan predator air tawar, Toman memang menjadi salah satu idaman bagi para pemancing karena sensasi tarikannya yang lumayan menghibur.

Namun, sebelum mulai melakukan pemancingan, ada beberapa hal yang mesti Anda persiapkan. Selain dari alat pancing dan juga spot yang bagus, umpan ikan toman juga mesti diperhatikan dengan baik agar keberhasilan dalam memancing dapat lebih besar lagi.

Sebelum membahas tentang racikan umpan ikan toman lebih dalam, sebaiknya kita mengetahui dulu bagaimana profil dari ikan tersebut di bawah ini. Namun jika Anda sudah mengetahuinya, maka bisa langsung lewati paragraf ini dan lanjut baca ke bagian bawah.

Informasi Umum Tentang Ikan Toman

umpan ikan toman

Ikan ini mempunyai nama ilmiah Channa Micropelters, dan mempunyai beberapa julukan berbeda seperti tomang, snakehead dan juga mudfish.

Secara fisik, ikan toman mempunyai bentuk tubuh yang memanjang seperti torpedo. Warna tubuhnya dapat berubah sesuai dengan usianya. Toman muda biasanya mempunyai warna tubuh yang kemerahan dengan garis-garis berwarna hitam dan juga jingga pada kedua sisi tubuhnya.

Sementara untuk yang sudah berusia dewasa, warnanya akan berubah menjadi hitam kebiruan dengan bagian perut yang berwarna putih.

Bentuk kepala ikan ini mirip seperti ular, itulah sebabnya ia sering juga dijuluki snakehead. Bagian mulutnya terdapat gigi yang runcing tanjam dengan bentuk mulut yang lebar dan berukuran besar.

Ukuran tubuhnya sangat bervariasi tergantung dari usianya. Diperkirakan, ikan toman yang sudah berusia dewasa dapat tumbuh besar hingga panjang 1,5 meter.

Dilihat dari karakter fisik mulutnya, toman merupakan ikan predator pemangsa ikan kecil yang ada di sekitaran habitatnya. Selain itu, ia juga sering memakan hewan kecil seperti serangga dan juga kodok. Tak jarang, toman juga sering memanggsa hewan unggas seperti ayam dan juga bebek.

Di Indonesia sendiri, toman dapat ditemukan dibeberapa pulau seperti Sumatera, Kalimantan dan juga beberapa pulau lain di sekitarannya. Selain itu, ia juga dapat ditemukan di beberapa negara lain seperti Malaysia, Thailand, India, Laos, Myanmar dan juga Vietman.

Selain karena sensasi tarikan toman yang menantang ketika menyambar umpan, banyak orang yang memancingnya karena ia mempunyai nilai ekonomis yang cukup bagus.

Daging ikan toman banyak di gemari orang karena rasanya yang enak dan juga teksturnya yang lembut. Biasanya toman disajikan sebagai sup, ikan bakar, gulai bahkan juga sebagai ikan asin.

Selain itu, toman yang masih muda juga sering dijadikan sebagai ikan hias karena warnanya yang cukup indah. Tak jarang ikan ini juga di ekspor ke luar negeri sebagai ikan hias.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa lihat beberapa pilihan rahasia umpan ikan toman paling jitu berikut ini.

Umpan Ikan Toman yang Paling Jitu

Umpan merupakan salah satu faktor penting yang harus Anda persiapkan ketika hendak memancing ikan toman. Pasalnya, ia tergolong ikan yang sedikit pilih-pilih dalam hal mencari makanannya. Untuk itu, Anda mesti mengetahui apa saja yang ikan ini sukai.

Menggunakan Daging Ayam

Selain rasanya yang enak dan banyak di sukai oleh masyarakat, daging ayam juga ternyata cukup disukai oleh ikan toman. Banyak para pemancing yang menggunakannya sebagai umpan dan cukup berhasil. Cara menggunakannya juga terbilang mudah. Yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Siapkan daging ayam bagian dada secukupnya
  • Sisihkan bagian kulitnya hingga tersisa dagingnya saja
  • Potong kecil-kecil membentuk dadu berukuran 2 cm
  • Kaitkan pada mata pancing sebanyak 2 sampai dengan 4 potong

Selain menggunakan dada daging ayam, ada juga beberapa pemancing yang menggunakan hati ayam. Silahkan Anda sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Ikan Kecil

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, di alam liar, ikan toman sering sekali memakan ikan-ikan kecil. Anda juga bisa menggunakan ikan kecil sebagai umpan memancing toman. Adapun beberapa ikan kecil yang bisa Anda gunakan diantaranya sebagai berikut:

  • Anakan ikan lele
  • Ikan sepat
  • Ikan Lais
  • Ikan Wader

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jenis ikan lainnya yang mudah di dapatkan.

Lihat Juga: Umpan Ikan Kerapu Paling Jitu

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Alangkah lebih baiknya jika umpan masih dalam keadaan hidup. Cukup kaitkan ke mata pancing, lalu lemparkan pada spot yang menurut Anda banyak ikan toman-nya, entah itu sungai, danau ataupun rawa-rawa.

Menggunakan Umpan Tiruan

Selain umpan alami, Anda juga bisa menggunakan umpan buatan, tiruan atau mainan saat memancing ikan toman. Ukurannya bisa di sesuaikan dengan target ikan yang ingin Anda dapatkan. Biasanya, umpan mainan atau palsu ini sangat cocok menggunakan teknik casting agar lebih menarik perhatikan di dalam air.

Adapun beberapa umpan tiruan untuk ikan toman adalah sebagai berikut:

  • Buzz Bait
  • Soft Froggy
  • Popper

Atau jika tidak punya, Anda juga bisa menggunakan yang lain sesuai dengan yang dimiliki.

Umpan Katak / Precil

Anda dapat menggunakan katak sebagai umpan ikan toman sesuai dengan ukuran dari ikan yang di targetkan. Jika ukurannya kecil sampai sedang, maka gunakan katak yang masih anakan. Namun apabila tagetnya adalah toman raksasa maka gunakan katak yang ukurannya juga besar.

Akan lebih bagus lagi jika katak yang digunakan juga masih dalam keadaan hidup, tujuannya agar lebih menarik perhatian toman di dalam air.

Penggunaannya pun cukup mudah, tinggal kaitkan saja umpan pada mata pancing lalu lemparkan di spot yang menurut Anda banyak terdapat ikan toman di dalamnya.

Menggunakan Serangga

Selain ikan kecil, di alam liar, ikan toman juga sering memakan serangga seperti jangkrik. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut sebagai umpan.

Karena ukuran jangkrik yang tidak terlalu besar, maka jika ingin menargetkan toman jumbo sebaiknya gunakan beberapa ekor jangkrik dalam satu mata pancing.

Bekicot

Bekicot sangat mudah di temukan pada area persawahan. Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai umpan. Caranya, kupas dulu cangkang bekicot yang sudah Anda dapatkan, lalu kaitkan dagingnya pada mata pancing. Dan umpan siap untuk digunakan.

Kadal

Umpan yang satu ini memang tidak terlalu banyak yang menggunakan, tapi masih bisa digunakan dan sudah terbukti bisa berhasil.

Karena ukuran kadal yang lumayan besar, maka Anda bisa menggunakan dua mata pancing untuk satu ekor kadal. Sati kail di kaitkan pada lehernya dan satunya lagi pada bagian pangkal ekor. Biasanya target umpan ini digunakan untuk ikan toman yang berukuran besar.

Menggunakan Cicak

Jika dirasa sulit menemukan beberapa umpan yang sudah disebutkan sebelumnya, maka Anda bisa menggunakan cicak sebagai alternatif yang bisa digunakan dengan mudah dan tidak perlu mengeluarkan uang, karena bisa di dapatkan dengan gratis di sekitaran rumah.

Caranya pun masih sama, tinggal kaitkan cicak di bagian perutnya agar tidak mati pada mata pancing, lalu lemparkan pada titik yang banyak terdapat ikan tomannya.

Cara Memancing Ikan Toman

Pada dasarnya, cara memancing ikan toman sangatlah mudah. Anda bisa menggunakan trik sederhana yaitu melemparkan umpan pada spot yang dituju, lalu diamkan sampai umpan di sambar ikan.

Tapi selain menggunakan teknik tersebut, Anda juga bisa menggunakan trik lain seperti teknik poping ataupun casting.

Adapun waktu yang cocok untuk memancing toman adalah di pagi dan sore hari, karena pada waktu tersebut ikan toman banyak berkeliaran untuk mencari makan. Pada waktu ini juga Anda bisa menggunakan trik memancing sederhana.

Sementara untuk teknik casting ataupun poping bisa Anda gunakan ketika memancing di waktu siang hari. Tujuannya agar dapat mengganggu dan memancing ikan keluar dari persembunyiannya lalu menyambar umpan yang Anda berikan.

Kesimpulan

Memancing ikan toman memang bukan suatu hal yang terlalu sulit, pasalnya ikan ini merupakan ikan predator yang sangat mudah untuk dipancing menggunakan beberapa jenis umpan.

Bahkan teknik sederhana sekalipun bisa dilakukan untuk memancingnya. Namun, Anda mesti sabar dalam menunggu umpan di makan.

Agar lebih maksimal lagi, pilih spot yang bagus, banyak di tumbuhi oleh tanaman air, karena di spot seperti itu banyak makanan yang disukai oleh toman, sehingga proses memancing akan lebih mudah, karena spot yang seperti itu bisa menjadi tanda tanda keberadaan ikan toman.

Jangan lupa juga untuk melakukan pemancingan pada waktu-waktu yang tepat seperti di pagi hari dan sore hari agar lebih sesuai dengan waktu makan si ikan. Sehingga nantinya presentase keberhasilan Anda akan jauh lebih besar.

Demikian pembahasan kali ini tentang umpan ikan toman. Semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *